[27] Pedang Bermata Dua

#aprilblogadaychallenge

Day 27 : My Best/Worst Trait


Dari dua puluh kata yang aku pakai untuk menggambarkan diriku sendiri, aku memilih ‘timid‘ sebagai sifat terbaik sekaligus terburuk yang ada pada diriku. Ketika mendapatkan prompt ini aku membuka kembali tulisan tersebut dan berusaha menilai diri sendiri. Saat itulah kurasa sifat timid akan menarik untuk dibahas.

Dalam kamus Merriam-Webster, timid sebagai kata sifat diartikan sebagai ‘feeling or showing a lack of courage of confidence‘ atau ‘lacking n boldness or determination.’ Aku bingung mencari padanan katanya dalam bahasa Indonesia, bisa jadi ‘pemalu‘ (lack of confidence or boldness), ‘penakut‘ (bukan pengecut ya, lack of courage),’tidak asertif‘ (lack of boldness)’ atau ‘ragu-ragu‘ (lack of determination). Terlihat negatif semua ya pilihan katanya, tapi akan aku jelaskan.

Ya, secara garis besar dalam kacamata sifat, ‘timid’ ini memang sudah jelas adalah sifat buruk. Well, it was my biggest obstacle from doing things. Seperti yang Deta pernah bilang, bahkan untuk menelepon supir taxi saja, I really don’t want to talk to stranger if I can avoid it. Karena sifat itu, butuh waktu berminggu-minggu agar aku berani ketemu dosen cuma buat diskusi (kecuali aku sudah merasa nyaman dengan dosen tersebut). Karena sifat itu pula, aku selalu gagal dalam tes kejasama kelompok focus group. Karena sifat itu pula, aku tidak pernah menyapa orang yang tidak aku kenal lebih dulu.

Tapi, karena sifat itu pula, aku jadi bersikap sangat hati-hati karena keragu-raguanku itu. I always choose my words carefully and pay attention to whom I speak of. You do not need to worry that I’ll spill you secret, because not only I am trustworthy (PD!) but I also too timid to say something that hurts or hard on people. Itulah kenapa aku katakan dari kacamata sifat, ‘timid‘ juga bisa jadi salah satu sifat terbaikku. Ragu-ragu dan tidak asertif telah membuatku berhati-hati dalam berkata dan memilih apa yang harus aku katakan. Yes, I do know you do it as well, but just say that I am doing it on different scale.

Maka dari itu tulisan itu diberi judul pedang bermata dua, sikap timid ini memang telah membatasiku melakukan banyak hal, tapi sifat ini juga menjagaku untuk lebih berhati-hati dalam berkata dan bersikap. Meskipun aku tahun, bagian negatif dari sifat ini harus segera aku basmi.

Leave a Reply

