[17] Efek Samping

#aprilblogadaychallenge

Day 17 : I Never Thought that Blogging Would

Pernah merasakan perasaan meluap-luap baik itu bahagia, amarah, sedih, kecewa dan melampiaskannya dalam bentuk status-status di sosial media, kemudian merasa sedikit lebih lega meskipun tidak ada yang meresponnya? Pernah merasakan seolah-olah kapasitas otak terasa penuh dan butuh media penyaluran? Pernah merasakan pelarian dalam bentuk kata-kata? Pernah ingin membagi rekomendasi film, buku atau drama favorit?

Ya, aku selalu bilang kalau menulis itu terapi, termasuk menulis blog. Aku tidak pernah menyangka akan senang menulis hal-hal trivial, membuat resensi buku, drama atau film, berkeluh kesah dalam bentuk puisi atau fiksi.

Basically, I know blogging can simply means throwing out what you think alias ‘curhat colongan’. Tapi aku tak pernah tahu kalau menulis blog ternyata sangat adiktif dan benar-benar seperti terapi. Aku sudah mulai menulis blog sejak awal masuk kuliah dan sampai sekarang masih terus menulis —meskipun sempat tersendat lantaran kena writer’s block— di dua blog pribadiku. Rasanya susah untuk lepas dari menulis. Melihat tulisan temanku, aku pasti tergerak untuk menulis lagi. Menyelesaikan #aprilblogadaychallenge juga termasuk salah satu efek samping menulis blog sekaligus bukti komitmen menulis.

Setiap menulis aku merasa masuk ke dunia lain —bukan dunia mistis ya maksudnya— yang seperti membaca, menyediakan kebebasan buatku. Aku bebas menulis apa pun, asal tidak menyinggung SARA. Bebas mengekspresikan emosi dalam kata-kata. Rasanya persis seperti terapi, mengubah emosi meluap-luap menjadi energi positif untuk berkarya dengan tulisan.

Now, blogging isn’t really just ‘curhat colongan’, but to alter an emotional ride of roller coaster to a calm ride of lake ship.

Leave a Reply

