[13] Harper Lee: To Kill A Mockingbird

TKAM-50-anniversary

#aprilblogadaychallenge

Day 13 : The Last Great Book That I Read

Scout adalah gadis kecil yang sangat menarik di mataku. Namanya Jean-Louise Finch, tapi ia lebih senang dipanggil Scout. Ia seorang yang ingin tahu, kritis dan blak blakan namun tetap polos menjadikannya gadis kecil yang berbeda dengan gadis kecil lain di masanya. Aku selalu iri dengan petualangannya seru bersama Jem dan Dill. Aku juga iri dengan diskusi-diskusi cerdasnya bersama Atticus. Cara Atticus mendidik Scout dan Jem patut dipelajari melalui buku ini. Bahkan di saat, Atticus mulai dicerca karena membela nigger—kaum kulit hitam— ia memberikan penjelasan tanpa menutup-nutupi apapun pada Scout dan Jem.

Saat aku mulai membaca buku ini, aku sangat penasaran pada kutipan di bagian belakang buku dan mengapa buku ini diberi judul To Kill A Mockingbird. Ternyata kamu tidak langsung mendapatkan jawabannya pada bagian awal buku. Kamu akan mengikuti alur kehidupan Scout bersama Atticus hingga tiba pada malam Natal saat Atticus menghadiahkan Scout dan Jem senapan angin, dan berkata, “Shoot all the blue jays you want, if you can hit ’em, but remember it’s a sin to kill a mockingbird.” Dan selanjutnya kamu bisa menyimpulkan sendiri alasannya.

Aku tahu dari banyak orang bahwa To Kill A Mockingbird adalah karya besar Harper Lee yang terjual dalam ratusan kopi dan memenangkan banyak penghargaan. Setelah membacanya, aku mengerti mengapa karya ini begitu memikat. Harper Lee menuangkan konflik yang menjadi dilema batin kanak-kanak Scout pada era 20an yang ternyata masih menjadi dilema batin bagi orang-orang termasuk diriku hingga sekarang. Entah itu tentang metode pendidikan sekolah, prejudice, kesetaraan antara anak lekaki dan perempuan, keadilan hukum, rasisme dan lain-lain.

Kalau kamu mencari buku dengan pembahasan nilai-nilai kehidupan yang dalam namun diceritakan lewat kepolosan seorang anak, To Kill A Mockingbird akan menjadi bacaan yang tepat buatmu.

Advertisements

One thought on “[13] Harper Lee: To Kill A Mockingbird

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s