[10] Yuk, Menyikat Gigi dengan Benar!

tips-memilih-sikat-gigi-untuk-anak1
Day 10 : A How to Post

Menyikat gigi adalah cara termudah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, namun kebanyakan masih menyikat gigi dengan cara yang salah. Yuk, dengan membaca ini kita akan belajar cara menyikat gigi dengan benar.

Jangan lupa waktu menyikat gigi adalah dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sebelum menyikat gigi, siapkan pasta gigi dan sikat gigi. Gunakan jenis pasta gigi yang mengandung fluoride (cek pada label kemasan). Setelah itu, gunakan pasta gigi secukupnya. Untuk anak-anak, cukup sebesar biji jagung.

Sikat gigi yang digunakan sebaiknya berbulu lembut agar tidak melukai gusi dan ujung kepala sikat disesuaikan dengan mulut agar bisa menjangkau sampai gigi paling belakang. Perlu diingat! Tiap anggota keluarga harus punya sikat gigi sendiri ya, karena pemakaian sikat gigi bergantian dapat menularkan kuman atau virus penyakit seperti flu. Kalau bulu sikat gigi sudah mengembang segera diganti ya atau jangan tunggu mengembang tapi gantilah sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

Anak-anak berusia satu sampai tiga tahun sebaiknya menyikat gigi dengan dibantu orang tua, karena kadang mereka belum bisa berkumur dengan baik. Sedangkan anak-anak berusia empat sampai 6 tahun dibiasakan menyikat gigi sendiri namun tetap dalam pengawasan orang tua.

Yang perlu diperhatikan dari menyikat gigi bukan hanya berapa lama, tapi juga apakah seluruh permukaan gigi sudah disikat. Percuma saja menyikat gigi selama 10 menit namun hanya pada bagian depan saja. Selain itu perhatikan juga gerakan saat menyikat gigi.

Langkah-langkah cara menyikat gigi dengan benar : 

Untuk memudahkan, gigi dapat dibagi menjadi empat permukaan : permukaan depan, permukaan kunyah, permukaan dekat lidah, permukaan dekat langit-langit dan permukaan dekat pipi. Seluruh permukaan ini harus disikat, ya!

howtobrush

Langkah 1 : Mula-mula sikat permukaan gigi bagian depan dengan cara mengigit seperti mengucapkan ‘I’. Sikat dengan gerakan naik turun dari gusi ke gigi (bendera merah putih).

Langkah 2 : Kemudian buka mulut, masukkan sikat gigi ke dekat pipi, lalu gigit (jangan gigit sikat giginya). Mulailah menyikat permukaan gigi dekat pipi dengan gerakan memutar. Pastikan sikat gigi mencapai permukaan gigi paling belakang. Ulangi pada sisi mulut satunya.

Langkah 3 : Selanjutnya sikat permukaan gigi pada bagian dekat lidah. Caranya letakkan sikat gigi ke arah dasar mulut, kemudian sikat dengan gerakan seperti menarik ke keluar pada bagian permukaan gigi geraham dekat lidah.

Langkah 4 : Lanjutkan menyikat permukaan gigi bawah dekat lidah dan permukaan gigi atas dekat langit-langit dengan gerakan yang mirip saat menyikat permukaan gigi geraham dekat lidah. Letakkan sikat gigi ke arah langit-langit, kemudian sikat dengan gerakan menarik keluar.

Langkah 5 : Lalu buka mulut, letakkan sikat gigi pada pemukaan kunyah. Sikat dengan gerakan maju mundur ke arah bibir. Ulangi pada semua permukaan kunyah gigi bawah dan atas, baik sisi kiri maupun kanan

Setelah selesai, jangan lupa berkumur untuk membersihkan sisa busa, ya! Menyikat gigi cukup dilakukan selama tiga menit dan pastikan semua permukaan gigi sudah disikat.

Untuk menjaga kesehatan gigi lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan benang gigi (dental floss), sikat lidah dan obat kumur. Pengunaan benang gigi bertujuan untuk membersihkan sela-sela gigi, terutama pada gigi yang berjejal. Jadi, jangan gunakan tusuk gigi, ya! Sikat lidah digunakan untuk membersihkan permukaan lidah, karena sisa makanan halus yang menempel pada permukaan lidah bisa menyebabkan bau mulut. Berhati-hatilah dalam menggunakan obat kumur ya. Kadar alkohol dalam obat kumur bisa menyebabkan alergi pada pasien tertentu. Penggunaan obat kumur chlorhexidine dapat membantu meringakan sariawan. Gunakan obat kumur yang cocok untukmu.

Sebagai tambahan, berikut video cara menyikat gigi yang benar yang dibuat oleh temanku, Althaf Arifah, Intan Juwita dan Nelly Suriamah. Jangan bingung dengan urutan menyikat giginya ya. Kamu bisa mulai menyikat gigi dari sisi yang lebih mudah, yang paling penting seluruh permukaan disikat.

Selamat menonton dan selamat mempraktekkan cara menyikat gigi yang benar!

https://youtu.be/Atn0r3k41Ow

Salam senyum sehat!

Advertisements

One thought on “[10] Yuk, Menyikat Gigi dengan Benar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s