[5] The Perks of Being a Bookworm

CIGfozfUkAEsNCS

#aprilblogadaychallenge

Day 5 : Something I Never Tire of

Aku sudah pernah menyebutkan dalam Me in Words kalau aku adalah seorang kutubuku dan layaknya semua kutubuku yang ada di dunia, seorang kutubuku tidak akan pernah bosan dengan buku. Membaca buku adalah satu satu kegiatan terapi, selain menulis buatku.

Orang-orang bertanya pada zaman yang serba canggih ini kenapa masih memilih buku? Kenapa tidak menonton film yang toh banyak diangkat dari buku-buku yang bagus?

Buatku, buku itu punya kebebasan absolut yang disediakan untuk para pembaca. Ketika kamu membaca sebuah adegan yang tertulis di buku, imajinasimu akan bekerja. Mungkin bayanganmu tentang suatu tokoh bisa sama sekali berbeda dengan bayangan temanmu saat membaca tokoh yang sama. Dalam buku, kamu akan jatuh cinta pada seorang tokoh dari bahasa, pikiran dan gerak-geriknya. Sesuatu yang akan sulit kamu dapatkan ketika membaca komik atau menonton film dimana kamu dan aku mau tak mau pasti akan berkomentar berdasarkan ‘tampilan fisik’nya.

Buku itu magis menurutku. Ketika seorang penulis bisa menciptakan banyak tokoh dan yang membedakan mereka hanya dari pilihan kata saat mereka mengucapkan kalimat. Kamu langsung tahu, Oh, Jace suka bicara sarkastik atau Oh, Newt suka mengucapkan bloody di antara kalimatnya. Perbedaan ajaib yang bisa diciptakan hanya dari diksi, bukan CGI.

Satu lagi yang membuatku tak pernah bosan dengan buku adalah ia seperti gerbang luas. Kamu bisa hidup dalam banyak kehidupan hanya dengan membaca buku. Merasakan dunia Harry Potter, mengenal dewa-dewi Mitologi Yunani bersama Percy Jackson, merasakan efek Tsunami dalam kehidupapanmu bersama Delisa atau rasanya jatuh cinta pertama kali dengan Dilan. It’s a sweet escape. Seperti kutipan dari Haruki Murakami dalam Kafka on The Shore, “I go back to the reading room, where I sink down in the sofa and into the world of The Arabian Nights, like a movie fade outs, the real world evaporates. I’m alone, inside the world of the story. My favorite feeling in the world.”

Advertisements

One thought on “[5] The Perks of Being a Bookworm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s